RSS
SELAMAT DATANG DI BLOG WARNET SAKTI Jl. Singaperbangsa No. 21 Cilamaya Kulon Karawang 41384

Instalasi Billing Express

Manual

Billing Express 2009


Software Billing Express terdiri dari dua buah, yaitu Server yang diinstall di meja kasir dan Client yang diinstal di masing-masing PC client. Kedua file tersebut harus didownload  dan disimpan ke dalam PC. Untuk instalasi tinggal klik dua kali, dan ikuti langkah-langkah berikutnya sampai finish.  



Untuk mengoperasikan Billing Ekspress 2009 hanya perlu 4 langkah penyetingan. Pertama yang harus disetting adalah di bagian server.

 

1.      Begitu dijalankan, Billing Ekspress 2009 Server akan menampilkan menu login yang harus diisi dengan login admin atau operator biasa. Untuk bisa mengakses menu setting, pengguna harus menggunakan login admin.  Jika belum diganti, password admin adalah admin juga.


2.      Setting selanjutnya adalah mengisi data warnet. Buka menu File dan Setting Server . Isikan data-data yang dikehendaki. Untuk IP dan Port, Billing Server secara otomatis menyediakan secara default. User juga bisa mengisi sendiri IP dan Port sesuai dengan topologi IP dan jaringan yang dimiliki.


3.      Langkah setting selanjutnya, dilakukan di masing-masing meja. Akan sangat membantu jika pengesetan dilakukan dari meja nomer 1 sampai yang terakhir.


4.      Pertama jalankan Billing Ekspress 2009 Client. Jika  Billing Ekspress 2009 Client baru pertama dijalankan, maka akan melakukan konfigurasi otomatis dengan scanning server. Jika sudah ketemu, tinggal memasukkan nomor meja dan selesai. Pada dasarnya setting sudah bisa dijalankan.


5.      Setelah langkah ini, Billing Ekspress 2009 sudah bisa digunakan  dengan cara memasukkan sembarang nama di isian User dan Password kemudian menekan tombol Login. 


6.      Jika scanning otomatis gagal, untuk mengakses menu setting, maka masukkan nama admin untuk kotak isian User dan password nya admin juga jika password admin di server belum diganti. Password admin di client akan berubah, setiap kali password admin server diganti.


7.      Setelah berada di menu setting Billing Ekspress 2009  maka masukkan nomer urut meja, serta nomer  IP server dan no port. Kemudian tekan tombol update. Jika sukses maka label status akan menunjukkan status connected. Anda juga bisa melakukan pengamanan sedikit lebih ketat di computer client, melalui tombol security.


8.      Untuk mengetahui maping Client bisa dilihat di sever. Klik menu File, Setting Server, dan Mapped Client. Di sini bisa dilihat nomer IP Client dan no client yang telah digunakan. Menu ini juga bisa untuk mengganti nomor client.


9.      Setting selanjutnya adalah mengisi tarif warnet. Pengisian tarif ini dibuat fleksibel, agar pengusaha warnet tidak kerepotan menghitung tarif sendiri menggunakan kalkulator. Tarif juga sengaja dibuat per jam, agar tidak rumit menerjemahkannya ke dalam menit. Jika ingin berpromosi dengan.Happy Hour, pengesetannya juga tersedia di menu ini.


10.  Selanjutnya adalah menset printer. Mungkin  Anda tidak menginginkan setiap transaksi langsung dicetak. Namun pengesetan printer ini akan mempercepat kinerja Billing Ekspress 2009. Setting printer bisa ditemukan di menu File setting printer.


11.  Langkah selanjutnya adalah menset operator. Operator ini mempunyai akses terbatas tidak sama dengan Admin. Tujuannya agar operator tidak dapat curang, karena yang bisa mengakses setting, Billing Ekspress 2009 hanya Admin. Menu ini dapat diakses melalui, File dan Tambah Operator.


12.  Selajutnya adalah mengganti password Admin. Caranya dengan mengakses, menu File, Password Administrator. Jika belum diganti, password admin adalah admin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ANDA TELAH BERKUNJUNG DI BLOG WARNET SAKTI